Sabtu, November 25, 2017
Text Size

Search

Update Berita

SSL to secure from hacker attacks

Open-source software developer Kai Engert has proposed an overhaul to the Internet's SSL...

Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

Ada situasi ketika menggunakan internet kita harus benar-benar hemat dengan penggunaan bandwidth ...

Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Johan Budi Sapto Pribowo menegaskan, Presiden Jokowi sangat...

Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

KOMPAS.com - Setelah selama ini hanya meyediakan layanan gratis yang didukung iklan, Twitter...

Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

.   Kompas.com - Megawati menasihati Ahok agar tidak terlalu banyak bicara. Mengingat kondi...

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе.       Pаdа zаmаn yаng sаngаt k...

  • Tips mengatasi bosen dalam pekerjaan

    Kamis, 01 November 2012 07:48
  • Grunt Mars probe stranded in Earth orbit

    Kamis, 10 November 2011 09:40
  • SSL to secure from hacker attacks

    Senin, 27 Februari 2012 21:09
  • Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

    Minggu, 23 September 2012 18:03
  • Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

    Kamis, 30 Maret 2017 19:45
  • Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

    Kamis, 30 Maret 2017 19:49
  • Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

    Kamis, 30 Maret 2017 19:54
  • Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

    Kamis, 30 Maret 2017 20:09
Trend Web 2.0
SocialTwist Tell-a-Friend

Trend Web 2.0

Penilaian Pengunjung: / 2
KurangTerbaik 

 

Istilah Web 2.0 berkaitan dengan teknologi web, khususnya dalam desain dan pengembangan web yang mengarah pada web berbasiskan komunitas. Diharapkan dengan trend ini, web bisa dimanfaatkan sebagai sarana masyarakat untuk lebih berkreasi, berkolaborasi dan berbagi. Jadi tujuan Web 2.0 kalau dalam bahasa kita adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dari sebelumnya web hanya diisi oleh si pemilik web saja, Web 2.0 bisa diisi oleh siapa saja. Contohnya seperti YouTube.com, BlogSpot.com, Friendster.com,Facebook,com dan WorldFriend.web.id. Ini akan membuat web tersebut ramai dikunjungi orang dan isinya juga akan selalu update setiap hari atau bahkan setiap detik.

Jadi istilah Web 2.0 ini bukan mengacu pada hal-hal teknis dalam penemuan teknologi baru, hanya merubah cara pandang pengembang software dan pengguna dalam memanfaatkan web. Dan menurut Tim O’Reilly yang mempopulerkan istilah ini pada tahun 2004 bahwa Web 2.0 merupakan suatu revolusi bisnis dalam industri komputer yang akan membawa internet sebagai suatu platform baru untuk meraih kesuksesan.

Teknologi terus berkembang sehingga dengan arahan baru ini, teknologi-teknologi tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebersamaan bahwa kita tidak bisa hidup sendiri, “One for All, All for One”.

WorldFriend.web.id yang merupakan salah satu web partner dari World Friend Indonesia, memanfaatkan cara pandang baru ini dalam membuat web berbasis komunitas. Fasilitas yang ada di sana bukan hanya dibuat oleh pemilik web-nya saja, tetapi bisa berasal dari masyarakat. Si pemilik website hanya memfasilitasi saja.

Implementasinya di Indonesia dalam hubunganya dengan kesejahteraan rakyat adalah bagaimana pemerintah dan rakyat bisa berkolaborasi dalam memajukan negara ini. Pemerintah bisa memfasilitasi infrastruktur berupa website. Dan website tersebut bisa dijadikan ajang untuk edukasi, update informasi, identifikasi masalah, solusi masalah. Dan semua itu bukan hanya berasal dari pemerintah saja, tetapi contentnya bisa berasal dari rakyat. Dalam hal ini, pemerintah harus memberi kesempatan pada rakyat untuk terlibat. Rakyat berada langsung di lapangan sehingga mereka lebih tahu solusinya. Dengan begitu akan memudahkan kerja pemerintah dalam mensukseskan program-programnya untuk mensejahterakan kehidupan rakyat.

Dan contoh yang populer lagi adalah Google Documents yang merupakan aplikasi perkantoran berbasis Web. Jadi sebuah kantor tidak harus membeli software asli dan berbayar sehingga dapat menghemat pengeluaran. Google menyediakan aplikasi seperti word dan excel secara gratis. Data yang disimpan bisa diakses dari mana saja sehingga ini juga memudahkan kerja Tim tanpa ada batas ruang dan waktu. Cara kerja atau cara mendapatkan kesuksesan akan berubah total dalam waktu-waktu dekat ini.

Ini adalah efek dari cara pandang baru dalam dunia web yang bukan hanya sekedar penyedia informasi saja, tetapi harus dapat melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi. Masalah dapat cepat diketahui, Solusipun dengan cepat dapat ditemukan dan Masalah tidak akan berlarut-larut lagi.

Mudah-mudahan web-web di Indonesia dapat mengarah pada web berbasis komunitas tersebut, yaitu web 2.0.

 

 

Advertisement Site




Ads - World Friend

Ads - World Friend

Berita lain-lainnya

Sama bentuk tapi beda rasa dan negara
25/03/2012 | Indra Febria Widy
article thumbnail

Indonesia kaya dengan berbagai kuliner, namun sayang makanan tradisional sepertinya sudah tergeser peminatnya karena masuknya makanan dari luar seperti Ramen, Sushi (Japanese Food) atau malah sekar [ ... ]


TIPS PERAWATAN HARDDISK
04/11/2009 |
article thumbnail

Belajar Mengenal Harrdisk

Salah satu hardware kompuer yang paling rentan dengan kerusakan, salah satunya adalah HDD(Hard Disk Drive). Bagaimana tidak? Selama komputer dihidupkan, maka harddisk selalu [ ... ]