Senin, Juli 16, 2018
Text Size

Search

Berita Teknologi

Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

KOMPAS.com - Setelah selama ini hanya meyediakan layanan gratis yang didukung iklan, Twitter...

6 Langkah Mudah Untuk Mendeteksi Website Penipuan

Suara.com - Internet ibarat pedang bermata dua. Jika tak hati-hati menggunakannya, Anda bisa...

Domain Anything.id akan segera hadir di tahun 2014

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bersama para pemangku kepentingan di bisnis nama...

Yahoo kembali bangkit

Situs web Yahoo unggul 3 bulan berturut-turut sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi di...

  • Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

    Kamis, 30 Maret 2017 19:49
  • 6 Langkah Mudah Untuk Mendeteksi Website Penipuan

    Jumat, 29 Juli 2016 10:22
  • Kapan Mobil Bisa Jalan Sendiri Dijual di Indonesia?

    Jumat, 29 Juli 2016 10:17
  • Domain Anything.id akan segera hadir di tahun 2014

    Jumat, 25 Oktober 2013 15:37
  • Yahoo kembali bangkit

    Jumat, 25 Oktober 2013 15:34
News Berita Teknologi Waspadai 6 Hal Ini di Media Sosial
SocialTwist Tell-a-Friend

Media Partner News

OkeZone.Com

Ads - World Friend

Waspadai 6 Hal Ini di Media Sosial

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Saat ini media sosial menuntut tanggung jawab yang besar. Faktanya, kurangnya tanggung jawab di media sosial bisa membahayakan.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi karena penggunaan media sosial yang tidak tepat, maka perlu memperhatikan beberapa hal. Dilansir dari Mashable, Jumat (7/9/2012), ada 6 hal yang harus dihindari pengguna media sosial, khususnya pelajar.

1. Mempublikasikan aktivitas ilegal: Tidak bisa dihindari banyak pelajar dan mahasiswa melakukan eksperimen. Tapi yang harus diperhatikan adalah berhati-hati mempublikasikan video atau petualangan yang tidak berguna, karena kemungkinan bisa menghadapi tekanan dari sekolah dan tuntutan hukum.


2. Penindasan: Penindasan merupakan salah satu masalah yang paling serius di sekolah. Perlakukan yang kejam dan kata-kata penghinaan sering mengarah pada kekerasan, depresi, bunuh diri, dan diskriminasi.

Penindasan tidak hanya terjadi di "dunia nyata", tapi juga di dunia maya atau internet. Ketika pelajar menggunakan media sosial, blog, atau ruang online virtual lainnya sebagia forum untuk membicarakan hal yang menyakitkan, maka resiko dari penindasan tidak bisa diukur.

Bagi yang melakukan, tidak hanya bisa dikeluarkan dari sekolah, tapi juga menghadapi penuntutan hukum yang serius.


3. Membicarakan hal buruk tentang guru: Penindasan tidak hanya terjadi antar pelajar. Pelajar yang berbicara hal buruk tentang guru mereka atau mempublikasikan foto memalukan guru, juga memiliki risiko yang sangat besar.

"Mempublikasikan komentar negatif tentang guru di sekolah Anda adalah seperti memberitahukan bahwa Anda akan "membakar jembatan," kata asosiasi profesor multimedia di Point Park University, Heather Starr Fiedler.

Kerena itu, pelajar disarankan untuk bersikap waspada atas posting yang dibuat mengenai sekolah atau guru-guru karena kita tidak pernah mengetahui perasaan siapa yang akan telruka dengan publikasi tersebut.


4. Mempublikasikan konten dari komputer sekolah: Banyak sekolah yang melarang aktivitas di komputer yang tidak berhubungan langsung dengan tugas, termasuk penggunaan media sosial. Karena itu, jangan berpikir bahwa tweet atau update status yang di-posting dari komputer sekolah tidak bisa diketahui, pasalnya, sudah banyak sekolah menerapkan sistem yang bisa melacak alamat log-in dan IP.


5. Mempublikasikan informasi rahasia: Ini sebenarnya berlaku untuk semua pengguna media sosial, bukan hanya pelajar. Tapi anak muda, biasanya sangat rentan terhadap predator online dan pencuri identitas.

Sehingga, konten seperti foto yang dipublikasikan di media sosial seperti Facebook harus diwaspadai. Pasalnya, informasi sensitif tersebut akan bisa diakses oleh siapa saja, bukan hanya hacker yang bisa melakukannya.


6. Informasikan rincian lokasi: Sebaiknya jangan terlalu spesifik dengan aktivitas sosial, seperticheck-in. Terutama, check-in di media sosial ketika sendiri atau berada di lokasi terpencil.

"Sebaiknya kurangi berbagi tentang keberadaan Anda, baik ketika Anda sedang sendiri atau sedang berada di luar rumah sendiri," tutur analis media sosial, Brad Hines.

 

Sumber : Okezone

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Advertisement Site




Ads - World Friend

Ads - World Friend

Berita lain-lainnya

Pengertian Web Server
03/11/2009 | World Friend Indonesia
article thumbnail

Pengertian Web Server Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembal [ ... ]


Korut Ancaim Serang Latihan Gabungan dengan Korsel
26/11/2010 | Indra Febria Widy
article thumbnail

Korea Utara hari Jumat lewat media resminya memperingatkan bahwa rencana pelatihan angkatan laut Amerika Serikat dan Korea Selatan akan membawa semenanjung tersebut makin dekat ke arah perang.

Rezim [ ... ]