Selasa, Desember 12, 2017
Text Size

Search

Berita Teknologi

Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

KOMPAS.com - Setelah selama ini hanya meyediakan layanan gratis yang didukung iklan, Twitter...

6 Langkah Mudah Untuk Mendeteksi Website Penipuan

Suara.com - Internet ibarat pedang bermata dua. Jika tak hati-hati menggunakannya, Anda bisa...

Domain Anything.id akan segera hadir di tahun 2014

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bersama para pemangku kepentingan di bisnis nama...

Yahoo kembali bangkit

Situs web Yahoo unggul 3 bulan berturut-turut sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi di...

  • Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

    Kamis, 30 Maret 2017 19:49
  • 6 Langkah Mudah Untuk Mendeteksi Website Penipuan

    Jumat, 29 Juli 2016 10:22
  • Kapan Mobil Bisa Jalan Sendiri Dijual di Indonesia?

    Jumat, 29 Juli 2016 10:17
  • Domain Anything.id akan segera hadir di tahun 2014

    Jumat, 25 Oktober 2013 15:37
  • Yahoo kembali bangkit

    Jumat, 25 Oktober 2013 15:34
News Berita Teknologi Twitter media sosial paling di handalkan saat gempa
SocialTwist Tell-a-Friend

Media Partner News

OkeZone.Com

Ads - World Friend

Twitter media sosial paling di handalkan saat gempa

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Jejaring sosial benar-benar menjadi media andalan dalam menyampaikan berita dan informasi real-time. Saat Tsunami terjadi di Jepang, Twitter kebanjiran 1.200 tweet per menit.

Dilansir melalui Online Social Media, Jumat (11/3/2011), semua orang di Jepang berlomba mengabarkan informasi terbaru melalui jaringan internet, seiring dengan terputusnya sambungan komunikasi telepon di negara tersebut. Twitter menjadi satu-satunya jalur komunikasi karena hanya internet 3G yang bisa digunakan.

Sesaat setelah tsunami melanda, OSM memprediksi ada sekira 1.200 tweet yang masuk berasal dari Tokyo. Angka ini belum ditambah dengan jumlah pengguna Twitter lain yang ingin mendoakan para korban tsunami di Jepang.

Diketahui, Twitter feed yang populer diikuti perkembangannya adalah akun Twitter milik Al-Jazeera, dan Ustream milik Jepang.

Gempa bumi dengan kekuatan 8,8 SR menghamtam Jepang. Akibat gempa yang berkuatan dahsyat ini menyebabkan bencana tsunami setinggi 6 meter Honshu. Kerusakan parah juga terlihat dilokasi yang diterjang gempa.

Berdasarkan laporan The Pacific Tsunami Warning Center di Hawaii, beberapa negara juga harus wapada dengan tsunami susulan. Negara yang wajib ekstra waspada adalah Rusia, Marcus Island, dan Marianas Utara.

Lembaga penyiaran publik, NHK juga menunjukkan asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo. Kegiatan kereta cepat diseluruh utara Jepang itu dihentikan. Televisi menunjukkan mobil terayun-ayun air di sisi perahu yang tengah bersandar.

Badan meteorologi Jepang mengingatkan bahwa tsunami setinggi 6m juga bisa menerjang pantai dekat prefektur Miyagi, terdekat dengan pusat gempa. Badan itu mengatakan gempa terjadi pukul 14:46 pada (13:46 waktu Singapura) Jumat di kedalaman 10 km, sekira 125 km lepas pantai timur.

Akibat tsunami tersebut banyak bangunan dilaporkan hancur. Ini merupakan terdahsyat ke-7 yang terjadi sepanjang sejarah, sejak 1900. Situs mikroblogging Twitter kini berusia lima tahun, dalam waktu yang sedemikian singkat, layanan tersebut telah mengubah dunia dan cara pandangan seseorang.

Sejak salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey, mengirimkan tweet pertamanya pada 21 Maret 2006, yang berisi "hanya menyiapkan twttr saya', yang kemudian diikuti "manusia' lalu "mengundang rekan kerja", Twitter dianggap resmi lahir ke dunia maya.

Sejak itu, Twitter telah menjadi salah satu pijakan berbagi forum untuk berbagi apa pun dari tempat makan siang favorit untuk mengirimkan pesan mulai dari pelanggaran hak-hak sipil sampai dengan panggilan untuk revolusi.

"Seperti sangat menyenangkan ketika kami sedang makan, selalu sesuatu yang saya pikirkan, di bagian belakang kepala kita yang merupakan gagasan potensi sesuatu yang penting berasal dari itu," kata co-Founder Biz Stone, saat berbincang dengan AFP, Selasa (15/3/2011). "Bahkan kita tidak perlu mengatakan keras-keras dan berbicara tentang hal itu," katanya lagi.

Saat itu, Williams, Dorsey, dan Stone berpikir akan menyenangkan untuk membangun layanan yang memungkinkan orang menggunakan pesan teks untuk berbagi pemikiran, wawasan dan berita dengan massa.

Walaupun di masa-mawa awalnya Twitter digunakan untuk mengejek oleh sebagian orang sebagai platform untuk memberitahu dunia apa yang mereka lakukan sehari-hari. Namun kemudian, Twitter telah menjadi dihormati sebagai sebuah kelangsungan hidup selama bencana seperti gempa bumi di Jepang dan alat pengorganisasian untuk demokrasi.

Stone percaya bahwa penting untuk Twitter untuk tetap menjadi platform teknologi netral secara politik berfokus pada pengembangan komunikasi terbuka.  "Ini hanyalah awal dari kehidupan yang penuh potensi dan petualangan, dan saya benar-benar berpikir bahwa ini di mana kita sekarang," kata Stone.

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Advertisement Site




Ads - World Friend

Ads - World Friend

Berita lain-lainnya

Dibalik krisis United Stated terhadap perbankan Indonesia
25/10/2013 | Indra Febria Widy
article thumbnail

Industri perbankan Tanah Air diterpa isu tak sedap. Beberapa pejabat bank pemerintah di Indonesia diduga terlibat suap pengadaan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Dugaan bermula dari laporan Kom [ ... ]


Antikorupsi Dikenalkan Sejak Dini
03/05/2010 | Indra Febria Widy
article thumbnail

Ketua Umum Gerakan Pendidikan Anti-Korupsi (Gepak) Thariq Mahmud berpendapat, penyelenggaraan pendidikan antikorupsi kepada siswa di sekolah bisa menjadi jawaban melawan praktik korupsi mela [ ... ]