Windows Explorer mungkin menjadi aplikasi yang sering kita gunakan ketika ingin mengakses atau melihat-lihat file/folder. Tetapi ketika komputer bermasalah (terkena virus atau sejenisnya) atau karena akses terbatas (dibatasi) dan kita ingin melihat file-file yang tersembunyi kadang tidak bisa kita akses. Ternyata menggunakan web browser Google Chrome dan Opera, kita bisa mengakses file/folder di windows yang tersembunyi ini.

Tips ini bermanfaat misalnya ketika komputer tidak bisa di install software tambahan atau ketika di warnet dan kita tidak bisa mengakses drive atau folder tertentu yang di sembunyikan. Dengan Internet Explorer atau Mozilla Firefox, file atau folder hidden tidak bisa ditampilkan.

 

 

Bagaimana Kecepatan meningkat dengan Turbo Mode

Ketika Fitur Turbo Mode diaktifkan, maka ketika mengakses sebuah website, kita tidak langsung mengambil data dari server website tersebut, tetapi melalui server Opera. Server opera akan mengambil data dari website yang kita akses dan mengoptimasi terutama gambar-gambar yang ada, selanjutnya data yang sudah dioptimasi ini yang akan diakses.

Sebagai sedikit contoh dan perbandingan, ketika mengakses halaman website Mengakses File Tersembunyi dengan Google Chrome dan Opera, ketika membuka webseti artikel ada 3 gambar utama. Ketika di akses menggunakan browser Firefox, maka ukuran 3 file gambar ini berturut-turut adalah : 82 KB, 136 KB dan 81 KB (semuanya PNG). Ketika diakses dengan Opera dengan Turbo Mode aktif, maka ukuran file ini menjadi : 8.5 KB, 15 KB dan 6.2 KB (format berubah menjadi JPG). Dengan ukuran yang jauh lebih kecil ini maka proses loading (menampilkan) web menjadi lebih cepat dan bandwidth internet menjadi lebih kecil.

Ukuran yang jauh lebih kecil ini didapatkan dengan trik kompresi image (gambar) menjadi JPG dengan memanfaatkan format gambar Google WebP. Gambar-gambar bisa diperkecil dengan ukuran yang cukup signifikan, meskipun terkadang kualitas kadang agak berkurang. Sampai saat ini baru Opera dan Google Chrome yang mendukung gambar dengan format WebP ini.

Untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur Turbo Mode di Opera, kita tinggal klik icon kecil di status bar Opera (lihat bagian bawah web browser ini).

Jika kita browsing untuk mendapatkan atau mencari gambar-gambar dan ingin disimpan, maka sebaiknya Turbo Mode tidak diaktifkan. Selain itu khusus ketika kita terkoneksi dengan jaringan yang terenkripsi ( seperti https atau internet banking ), maka Turbo Mode tidak akan aktif dan kita akan langsung koneksi ke server web tanpa melalui server Opera.

Kesimpulannya, Turbo Mode sangat membantu kita mendapatkan akses web cepat meskipun dengan koneksi internet yang tergolong lambat, selain itu karena data yang di download kecil, maka biaya internet juga bisa ditekan. Meskipun bukan menjadi web browser utama, tetapi Opera bisa menjadi web browser alternatif yang menarik. Ingin mencoba, download Opera Web Browser