Sabtu, November 25, 2017
Text Size

Search

Info World Friend Komodo New 7 Wonders - Dukung Komodo Sebagai Keajaiban Dunia
SocialTwist Tell-a-Friend

Komodo New 7 Wonders - Dukung Komodo Sebagai Keajaiban Dunia

Komodo (Varanus komodoensis) ditemukan oleh peneliti barat pada tahun 1910. Tubuhnya yang besar yang tampak mengerikan membuat binatang ini populer dan sangat terkenal. Komodo diyakini juga merupakan binatang peninggalan pra-sejarah dan speciesnya sudah hampir punah.

Komodo juga sering disebut biawak komodo atau orang barat sering menyebut The Komodo dragon, adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.

Komodo Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil.Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup. 10 Hal tentang komodo

1.Kadal Terbesar
Komodo adalah kadal terbesar didunia.Beberapa laporan mengatakan bahwa Kadal ini merupakan evolusi dari mahkluk yang telah lama punah,Dinosaurus.

2.Pemakan Manusia
Komodo telah dikenal dapat menyerang dan memakan orang. Ada laporan dari seorang turis Swiss yang duduk untuk beristirahat,kemudian esoknya hanya sepotong kamera ditemukan. Seorang nelayan Indonesia yang pergi mencari buah di salah satu pulau yang dihuni oleh Komodo tewas pada Maret 2009.

3. Predator Puncak Makanan
Komodo adalah predator puncak, puncak rantai makanan lokal mereka. Mereka memangsa terutama pada rusa liar dan babi hutan, tetapi juga target mangsa hidup lainnya. Mereka bisa mengkonsumsi 80% luar biasa berat badan mereka dalam satu kali makan. Mereka makan dengan menelan utuh. Ketika mereka makan, mereka makan segalanya … daging, tulang, bulu, dan kuku. Mereka dibantu dengan kemampuan seperti ular untuk melepaskan dr engsel rahang mereka yang lebih rendah untuk membantu menelan makanan.

4.Jumlahnya Kritis
Karena Komodo adalah reptil, mereka tidak makan sesering predator mamalia. Jadi sebuah ekosistem yang hanya akan mendukung beberapa lusin harimau karnivora, misalnya, dapat mendukung 4,000-5,000 reptil berdarah dingin Komodo, yang hanya 350 yang berkembang biak betina. Jumlahnya tidak banyak berubah dari jaman dulu,oleh karena itu mereka adalah hewan yang dilindungi.

5.Komodo Dilindungi
Komodo dilindungi, walaupun jumlah mereka akan sulit berkurang karena isolasi mereka di pulau-pulau Indonesia Komodo, Rinca, Padar, Flores, dan Kepulauan Sunda.

6.Gigitan Beracun
Air liur Komodo mengandung sejuta bakteri menular yang berbahaya. Infeksi bisa mematikan jika tidak diobati.Studi terbaru telah menemukan kelenjar berbisa di mulut Komodo yang memancarkan anti-koagulan di luka gigitan yang mendorong pendarahan terus dan melemah lebih lanjut. Ketika mangsa binatang cukup melemah oleh infeksi dan racun, Komodo bergerak untuk membunuh. Komodo tampaknya kebal terhadap infeksi dari gigitan Komodo sesama.

7.Lidahnya Seperti Ular;
Komodo memiliki lidah yang panjang bercabang seperti ular dan, seperti ular, dapat mengikuti jejak aroma dengan lidah.

8.Pernafasan yang Rumit
Kadal sering tidak dapat bernapas secara efisien karena mereka lari karena penempatan otot tulang rusuk. Mereka dapat melakukannya karena mereka memiliki “kantong gular” di bawah dagu mereka yang mengisi dengan udara yang dapat dipompa ke dalam paru-paru.

9.Pelari
Komodo adalah reptil berdarah dingin begitu, seperti semua makhluk seperti itu, mereka meminimalkan aktivitas mereka sampai dibutuhkan. Namun, seperti aligators dan buaya, mereka dapat memanggil cadangan energi untuk sberlari cepat bila diperlukan.

10.Penghuni Pohon
Komodo muda yang berumur di bawah beberapa tahun menghabiskan banyak waktu mereka di pohon sebagai tindakan membela diri.Sedangkan Komodo yang lebih tua bisa saja memangsa yang lebih muda,bahkan pasangan mereka pun bisa dilahapnya jika diberi kesempatan.

Advertisement Site




Ads - World Friend

Ads - World Friend

Berita lain-lainnya

PBB belum memutuskan keanggotan Palestina
27/09/2011 | Indra Febria Widy
article thumbnail

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Senin mulai membahas permintaan Palestina akan keanggotaan penuh di badan dunia itu, meskipun pemungutan suara atas upaya bersejarah itu diperkirakan [ ... ]


Memeriksa AutoRun Registry
04/11/2009 |
article thumbnail

Autorun registry adalah suatu subkey registry (cabang syaraf) Windows yang berguna untuk menjalankan suatu program secara otomatis saat Windowsdihidupkan. Jadi, jika ingin agar file X.EXE (misalnya) a [ ... ]