Sabtu, November 25, 2017
Text Size

Search

Update Berita

SSL to secure from hacker attacks

Open-source software developer Kai Engert has proposed an overhaul to the Internet's SSL...

Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

Ada situasi ketika menggunakan internet kita harus benar-benar hemat dengan penggunaan bandwidth ...

Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Johan Budi Sapto Pribowo menegaskan, Presiden Jokowi sangat...

Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

KOMPAS.com - Setelah selama ini hanya meyediakan layanan gratis yang didukung iklan, Twitter...

Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

.   Kompas.com - Megawati menasihati Ahok agar tidak terlalu banyak bicara. Mengingat kondi...

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе.       Pаdа zаmаn yаng sаngаt k...

  • Tips mengatasi bosen dalam pekerjaan

    Kamis, 01 November 2012 07:48
  • Grunt Mars probe stranded in Earth orbit

    Kamis, 10 November 2011 09:40
  • SSL to secure from hacker attacks

    Senin, 27 Februari 2012 21:09
  • Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

    Minggu, 23 September 2012 18:03
  • Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

    Kamis, 30 Maret 2017 19:45
  • Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

    Kamis, 30 Maret 2017 19:49
  • Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

    Kamis, 30 Maret 2017 19:54
  • Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

    Kamis, 30 Maret 2017 20:09
Cara membeli laptop yang tepat
SocialTwist Tell-a-Friend

Cara membeli laptop yang tepat

Penilaian Pengunjung: / 3
KurangTerbaik 

Lebih baik untuk tahu lebih banyak tentang komputer ketika membeli satu latop atau untuk banyak, membeli laptop adalah investasi besar meskipun sekarang bahwa perangkat ini menjadi lebih murah tidak ada yang banyak investasi yang terlibat seperti yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Namun, membayar untuk berhati-hati tentang apa yang Anda beli dan ini berarti memahami kebutuhan Anda yang kemudian akan membantu Anda membuat pilihan yang lebih tepat mengenai jenis laptop. Benar menilai kebutuhan Anda justru akan memastikan bahwa Anda dapat menghemat uang Anda dan juga mendapatkan kesepakatan terbaik.

Tentu saja, Anda harus terlebih dahulu menentukan apakah alat seperti itu benar-benar diperlukan untuk pekerjaan Anda atau hiburan. Ingat bahwa tidak begitu mudah untuk meng-upgrade laptop karena untuk meng-upgrade desktop hal yang mudah. Jadi, pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan alat tersebut. Selanjutnya, Anda perlu menentukan tingkat apa dukungan grafis diperlukan dan Anda juga harus mencari fitur untuk membantu Anda bermain game. Fakta yang sederhana namun dalam kebanyakan kasus laptop bukanlah pilihan tepat bagi mereka yang membutuhkan untuk menangani grafis berat atau yang senang dengan game-game dengan grafik yang besar, desktop adalah pilihan yang lebih baik bagi mereka.

Hal ini membuat anda dapat berkerja di mana saja dan mobilelitas tinggi dan berguna untuk memiliki hari ini. laptop untuk kita, sebelum memutuskan merek tertentu dan membuat Anda juga harus melihat pada jenis perangkat lunak yang didukung dan Anda juga harus faktor dalam perangkat berat juga. Jika Anda sering melakukan perjalanan maka membayar untuk mencari produk yang ringan. Di sisi lain jika Anda tidak terlalu sering bepergian maka Anda mungkin ingin pergi untuk membeli laptop yang lebih besar dalam ukuran dan juga salah satu yang lebih kuat dan yang memiliki layar yang lebih besar untuk membuatnya lebih mudah untuk membaca informasi.

Namun tak sedikit konsumen yang bimbang dan kebingungan saat ingin membeli laptop baru mengingat laptop bukanlah barang murah. Terlebih lagi saat ini bermunculan berbagai jenis laptop dengan beragam spesifikasi dan merk, pun harganya bervariasi. Tak jarang pula konsumen membeli laptop dengan spesifikasi yang 'wah' tanpa memikirkan kegunaannya.

Bagaimana memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan? Simak beberapa tips singkat berikut ini:

1. Tentukan dulu kegunaannya, apakah laptop akan dipakai untuk disain dan gaming,
men-develop sistem, atau mobile.

- Jika laptop dipakai untuk tujuan disain dan gaming, sebaiknya Anda memilih spesifikasi   laptop dengan menitikberatkan pada kartu VGA (Video Graphics Array) dan memori yang   handal. Jika Anda ingin laptop dengan kemampuan lebih tinggi, memilih teknologi multi-core  dan arsitektur 64-bit sangat disarankan.

Untuk penggunaan disain grafis ataupun bermain game, sebaiknya pilih laptop dengan VGA yang tinggi kekuatannya dan memori yang besar agar disain dan bermain game terasa lebih 'ringan'. Kartu VGA sendiri berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Sedangkan memori merupakan sebuat alat penyimpan data digital sementara yang biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya (kelipatan dua).

- Untuk developing, biasanya dibutuhkan software develop yang membutuhkan resource tinggi. Anda bisa memilih laptop dengan mempertimbangkan prosesor dan memori dengan   spesifikasi tinggi agar bisa mengimbangi perkembangan piranti lunak dan developing tools  yang kian hari kian 'rakus' memori. Teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit juga disarankan.

- Untuk mobile, Anda bisa menekankan pilihan pada umur baterai, berat laptop, ukuran layar, serta beberapa fitur internal konektifitas seperti wifi, bluetooth, IrDA, NetworkCard, Modem.

2. Terlepas dari pemilihan penggunaan, beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih laptop adalah soal besar layar, berat laptop dan umur baterai. Jika Anda akan sering  memakai laptop di perjalanan, sebaiknya pilih laptop yang ringan, dengan ukuran layar  yang tidak terlalu besar agar tidak kesulitan membawanya.

Umur baterai juga patut dipertimbangkan. Umumnya baterai laptop paling tidak bisa bertahan 2 hingga 3 jam tanpa terhubung ke adapter. Jika Anda ingin menghemat penggunaan baterai, matikan fungsi konektifitas seperti Wifi atau Bluetooth karena fungsi tersebut akan memperbanyak konsumsi baterai.

3. Pertimbangkan layanan purna jualnya.
Saat hendak membeli laptop, jangan lupa untuk mempertimbangkan layanan purna jualnya   mulai dari gerai service (banyak atau tidak, mudah dijangkau atau tidak), ketersediaan   spare parts serta harga jual kembali. Jangan memilih laptop yang spare parts-nya sulit   dicari. Disarankan, jangan membeli laptop yang spare parts-nya sulit dicari.


Tips-tips untuk membeli Laptop Bekas:


Membeli laptop bekas bisa jadi pilihan menarik. Misalnya, Anda ingin menghemat uang atau sekedar membelikan laptop bagi anak agar melek komputer. Apapun alasannya, berikut beberapa tips membeli laptop bekas berkualitas seperti dikutip dari Blaptops:

1. Perhatikan Seksama Fisik Laptop

Casis
Kondisi dari casis laptop mengindikasikan apakah laptop bekas dirawat dengan baik. Perhatikan baik-baik seluruh casis laptop sehingga Anda tak menyesal di kemudian hari karena tak cermat mengamati kerusakan yang terjadi.

Layar Laptop
Layar LCD laptop adalah salah satu komponen paling mahal. Karena itu, pastikan layar laptop masih mampu bekerja dengan baik.

Keyboard dan Touchpad

Pastikan keyboard dan touchpad laptop masih berfungsi baik. Hal ini karena mengganti keyboard dan touchpad, selain membutuhkan biaya juga tak semudah seperti halnya di desktop.

2. Perhatikan Seksama Komponen Dalam Laptop


Prosesor
Untuk saat ini, sebaiknya Anda membeli laptop bekas berprossesor minimal Pentium III. Prosesor ini masih mampu menjalankan sistem operasi modern seperti Windows XP dengan cukup baik.

Memori

Memori RAM biasanya berharga murah saat ini. Teliti kapasitas RAM dan periksa apakah bisa diupgrade dengan mudah jika suatu saat Anda menginginkannya. Disarankan agar laptop punya kapasitas RAM minimal 512 Mb.

Kapasitas Harddisk
Laptop lama mungkin hanya punya kapasitas harddisk maksimal 40 GB, bahkan ada yang hanya 10 GB. Tentukan kapasitas yang memenuhi kebutuhan Anda dalam menyimpan data.

Baterai
Baterai laptop bekas biasanya lemah. Pertimbangkan apakah Anda memerlukan baterai baru. Jika misalnya laptop hanya dipakai di rumah, Anda mungkin tak perlu baterai baru dan bisa mengandalkan daya listrik.

3. Tanyai Diri Anda


Tanyakan pada diri Anda apakah sudah mantap membeli laptop bekas. Apakah laptop bekas tersebut kira-kira bisa bertahan cukup lama atau apakah tidak sebaiknya Anda menunggu waktu untuk membeli yang baru? Ingat, harga laptop baru makin menurun seiring perkembangan teknologi. Namun jika Anda sudah mantap membeli laptop bekas dengan mempertimbangkan berbagai untung rugi, lakukan saja.

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Advertisement Site




Ads - World Friend

Ads - World Friend

Berita lain-lainnya

Pengertian Web Server
03/11/2009 | World Friend Indonesia
article thumbnail

Pengertian Web Server Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembal [ ... ]


Ham harus di tegakkan
12/01/2011 | Indra Febria Widy
article thumbnail

Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) hari ini mengadakan pertemuan dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman. Kedatangan Kontras tidak lain untuk menagih janji penyelesaian kasus  [ ... ]