Jumat, November 24, 2017
Text Size

Search

Update Berita

SSL to secure from hacker attacks

Open-source software developer Kai Engert has proposed an overhaul to the Internet's SSL...

Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

Ada situasi ketika menggunakan internet kita harus benar-benar hemat dengan penggunaan bandwidth ...

Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Johan Budi Sapto Pribowo menegaskan, Presiden Jokowi sangat...

Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

KOMPAS.com - Setelah selama ini hanya meyediakan layanan gratis yang didukung iklan, Twitter...

Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

.   Kompas.com - Megawati menasihati Ahok agar tidak terlalu banyak bicara. Mengingat kondi...

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе.       Pаdа zаmаn yаng sаngаt k...

  • Tips mengatasi bosen dalam pekerjaan

    Kamis, 01 November 2012 07:48
  • Grunt Mars probe stranded in Earth orbit

    Kamis, 10 November 2011 09:40
  • SSL to secure from hacker attacks

    Senin, 27 Februari 2012 21:09
  • Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

    Minggu, 23 September 2012 18:03
  • Istana Merespons Aksi 313 Berhentikan Ahok

    Kamis, 30 Maret 2017 19:45
  • Twitter Bakal Sediakan Layanan Berbayar?

    Kamis, 30 Maret 2017 19:49
  • Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet

    Kamis, 30 Maret 2017 19:54
  • Butuh kеrjа? Cоbа cеk di Jооblе

    Kamis, 30 Maret 2017 20:09
Blog Friend Pengertian guru dan tugasnya
SocialTwist Tell-a-Friend

Pengertian guru dan tugasnya

Penilaian Pengunjung: / 14
KurangTerbaik 

 

1. Pengertian guru

Proses pembelajaran merupakan kegiatan fundamental dalam proses pendidikan yang mana terjadinya proses belajar yang tidak terlepas dari proses belajar. Proses pengajaran dan pembelajaran dalam konteks pendidikan formal merupakan usaha sadar dan sengaja serta terorganisir secara baik, guna untuk mencapai tujuan institusional yang diemban oleh lembaga yang menjalankan misi pendidikan.

Proses pembelajaran adalah seperangkat kegiatan belajar yang dilakukan siswa (peserta didik). Kegiatan belajar yang dilaksanakan siswa di bawah bimbingan guru, Guru bertugas merumuskan tujuan-tujuan yang hendak dicapai pada saat mengajar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru dituntut untuk merancang sejumlah pengalaman belajar (Iskandar, 2009: 98)

Guru merupakan orang yang harus digugu dan tiru, dalam arti orang yang memiliki charisma atau wibawa hingga perlu untuk ditiru dan diteladani. Mengutip pendapat Laurence D. Hazkew dan Jonathan C. Mc Lendon dalam bukunya This is Teaching (hlm 10): “Teacher is professional person who conduct clasess.” (guru adalah seseoarang yang mempunyai kemampuan dalam menata dan mengelola kelas). Sedangkan menurut Jean D. Grambs dan C. Morris dalam Foundation of Teaching, An Introduction to Modern Educations, hlm. 141: “Teacher are those persons who consciously direct the experiences and behavior of individual so that educations takes places.” (guru adalah mereka yang secara sadar mengarahkan pengalaman dan tingkah laku dari seorang individu hingga dapat terjadi pendidikan).

Guru adalah semua orang yang berwewenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan murid-murid, baik secara individual atau klasikal, baik di sekolah maupun di luar sekolah. (Syaiful, 2009: 21). Sedangkan pendapat Mulyasa dalam bukunya yang berjudul Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan, guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan, dan indikasi bagi peserta didik, dan lingkungannya. (Mulyasa, 2008: 37).

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahakn, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah (UU No. 14 tahun 2005 : 2)

Berdasarkan undang-undang tersebut sangat jelas bahwa guru merupakan key person in classroom, sehingga guru memiliki peran yang sangat vital dan fundamental dalam membimbing, mengarahkan, dan mendidik siswa dalam proses pembelajaran (Davies dan Ellison, 1992). Karena peran mereka yang sangat penting itu, keberadaan guru bahkan tak tergantikan oleh siapapun atau apapun sekalipun dengan teknologi canggih. Alat dan media pendidikan, sarana prasarana, multimedia dan teknologi hanyalah media atau alat yang hanya digunakan sebagai teachers` companion (sahabat – mitra guru).

2. Peran guru dalam pendidikan

Pendidikan dalam perspektif Islam mempunyai peranan penting, sebab, dialah yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik dengan mengupayakan perkembangan seluruh potensi, baik potensial afektif, kognitif, maupun psikomotorik

nya (Kaifa, 2003: 290).

Dalam proses pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan memegang yang strategis dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan. Ada beberapa peran guru selain mengajar, juga memiliki peran penting menurut Imam Musbikin sebagai berikut: Pertama guru sebagai korektor, seorang guru harus dapat membedakan nilai yang baik dan yang buruk. Kedua, guru sebagai inspirator. Seorang guru harus dapat memberikan ilham yang baik bagi kemajuan anak didik. Ketiga, guru sebagai informator. Seorang guru harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, selain bahan pelajaran untuk setiap mata pelajaran yang telah diprogramkan dalam kurikulum. Keempat, guru sebagai organisator. Seorang guru harus memilki kegiatan pengelolaan akademik, menyusun tata tertib sekolah, menyusun kalender akademik, dan sebagainya. Kelima, guru sebagai motivator, guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belajar. Keenam, guru sebagai inisiator. Seorang guru harus dapat menjadi pencetus ide-ide kemajuan dalam pendidikan dan pengajaran. Ketujuh, sebagai fasilitator. Seorang guru hendaknya dapat menyediakan fasilitas kemudahan kegiatan belajar anak didik, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Kedelapan, guru sebagai pembimbing. Seorang guru harus bisa membimbing muridnya yang masih anak-anak menjadi manusia dewasa sehingga cakap dan mandiri. Kesembilan, guru sebagai demonstrator. Seorang guru harus dapat memperagakan apa yang diajarkan secara diktatis, sehingga apa yang guru inginkan sejalan dengan pemahaman anak didik, tujuan pengajaran tercapai dengan efektif dan efisien. Kesepuluh, guru sebagai pengelola kelas. Seorang guru harus bias membuat anak didiknya betah tinggal dalam kelas dengan motivasi yang tinggi untuk senantiasa belajar di dalamnya. Kesebelas, guru sebagai mediator. Guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media pendidikan baik jenis dan bentuknya, baik media materiel maupun non materiel. Kedua belas, guru sebagai supervisor. Seorang guru harus dapat membantu, memperbaiki, dan menilai secara kritis terhadap proses pengajaran. Ketiga belas, guru sebagai evaluator. Seorang guru dituntut untuk menjadi seoarang evaluator yang baik dan jujur yang menyangkut intrinsic maupun ektrinsik. Guru tidak hanya menilai produk, tetapi juga menilai proses. (Imam, 2010: 55-64).

Sedangkan menurut Pullias dan Young (1998), Manan (1990), serta Yellon dan Wieisten (1997) yang dikutip Mulyasa, dapat identifikasi sedikitnya 19 peran guru, yakni guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penasehat, pembaharu, (innovator), model dan teladan, pribadi, peneliti, pendorong kreatifitas, pembangkit pandangan, pekerja rutin, pemindah kemah, pembawa ceritera, actor, emancipator, evaluator, pengawet, dan sebagai kulminator. (Mulyasa, 2008: 37). Sedangkan menurut Udin berpendapat bahwa rumusan profil tenaga pengajar (guru) ternyata bervariasi tergantung cara mempersepsikan dan memandang apa yang menjadi peran dan tugas pokoknya: (1) Guru sebagai Pengajar, (2) Guru sebagai Pengajar dan Pendidik; (3) Guru sebagai Pengajar, Pendidik, dan agen pembaharuan dan pembangunan masyarakat (4) Guru berkewenangan berganda sebagai Pendidik Profesional dengan bidang lain selain bidang kependidikan. (udin, 2009: 40)

 



Comments
Add New Search
Anonymous   |125.162.230.xxx |2012-04-22 22:43:13
mahmed   |180.252.185.xxx |2012-07-06 13:04:26
sebaiknya ada rujukan sebagai sumber kutipan tulisan ilmiah yang dimuat
KADEK BUDIASIH   |114.79.61.xxx |2012-08-17 17:56:58
lasino   |103.22.201.xxx |2013-03-23 07:33:56
makasih ya mas infonya saya dapat belajar
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Advertisement Site




Ads - World Friend

Ads - World Friend

Berita lain-lainnya

Pemerintah Arab kecam penganiayan TKI indonesia
16/11/2010 | Indra Febria Widy
article thumbnail

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan Pemerintah Arab Saudi juga telah mengecam tindak kekerasan yang dilakukan keluarga Khaled Salem M al-Khamimisering terhadap tenaga kerja Indonesia,  [ ... ]


Israel melarang pejabat di dunia datang di jalur Gaza
08/09/2011 | Okezone
article thumbnail

Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan berencana akan mengunjungi Gaza setelah berkunjung ke Mesir. Israel memperingatkan PM Erdogan, kunjungan ke Gaza akan menyebabkan masalah.

Pejabat Isr [ ... ]